Minggu, 21 Desember 2008

Bagaimana Cara Senang Belajar Matematika

Apakah matematika itu momok bagi anak ? rata-rata mereka menjawab ya.
Berkut kami sampaikan tips mengajak anak belajar matematika yang menyenangkan.
1. AJAK MEMBACA BUKU MENGENAI MATEMATIKAIni bisa buku tentang ahli matematika, atau buku bergambar yang mengenalkan konsep matematika. Saya menyarankan membaca buku bergambar, terutama untuk anak kecil, karena mereka suka buku bergambar dan tidak akan menyadari bahwa mereka sedang belajar matematika.
2. BERMAINLAHBanyak permainan yang melibatkan matematika jadi bermainlah dengan anak anda. Berikut beberapa permainan yang dapat membantu anda mengajarkan matematika pada anak anda :-. Kartu DominoAnak akan mengenal pola (dan angka juga).-. Ular tanggaPermainan apa saja yang menggunakan dadu dapat mengajarkan anak tentang angka.
3. GUNAKANLAH MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
a. Di dapurBiarkan anak membantu mengatur meja. Tanyakan padanya berapa orang yang akan datang dan berapa jumlah piring, gelas, sendok dan garpu yang dibutuhkan.
b. Mencuci bajuPisahkan baju yang berwarna dari yang putih. Biarkan anak memisahkan bajunya sendiri, putih dan berwarna, kaos dan celana. Atau suruh mereka mencari pasangan kaos kaki setelah selesai mencuci.
c. MemasakAnak-anak sangat suka bila anda membolehkan mereka ikut membantu memasak, terutama memasak kue kesukaan mereka. Biarkan mereka menimbang bahan-bahan, berapa gram gula, berapa sendok garam. Hitung telurnya. Potong kuenya menjadi 6 atau 8, atau sebanyak orang yang akan memakannya. Potong kue keringnya menjadi lingkaran, segitiga, bujur sangkar, dll.
d. BelanjaPada saat anda membandingkan harga di toko, jangan lakukan dalam hati, biarkan anak anda mendengarnya. Ini akan mengenalkan mereka konsep murah dan mahal, lebih dan kurang. Ketika sedang antri, tunjukkan mereka cara menghitung orang yang sedang antri dan mengira-ngira berapa lama sebelum tiba giliran anda.
e. Di bis/mobilSeberapa jauh lagi kita dari rumah ? Berapa banyak halte bis yang sudah kita lewati, berapa banyak lagi yang harus dilewati ? Berapa banyak mobil merah yang kita lihat ?Nah ini semua sebagai langkah praktis dan menyenangkan sehingga anak benar-benar menikmati pelajaran ini dengan baik. selamat belajar ya....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar